SYARAT DAN KETENTUAN PEMBELANJAAN ONLINE

www.brillo.co.id adalah nama komersial PT. JIN RAY FORTUNE yaitu suatu perusahaan yang didirikan menurut Hukum Negara Republik Indonesia, dengan kantor pusat di Soho Podomoro City No. Unit 2309, Jalan Letjen S Parman Kavling 28, Kode Pos 11470 Jakarta Barat- Indonesia, dengan No.Induk Usaha 1010230110619.
Menjelajahi situs web www.brillo.co.id mewakili penerimaan anda terhadap kebijakan pemrosesan data pribadi perusahaan kami.

1. DEFINISI
o 1.1. PT JIN RAY FORTUNE („BRILLO”) adalah suatu perusahaan yang didirikan menurut Hukum Negara Republik Indonesia yang merupakan afiliasi dari BRILLO. Dalam hal ini PT. JIN RAY FORTUNE bertindak sekaligus sebagai pemilik atas seluruh produk BRILLO yang diperdagangkan melalui Situs BRILLO yaitu www.brillo.co.id
o 1.2. Situs BRILLO adalah situs daring www.brillo.co.id
o 1.3. Syarat dan Ketentuan adalah seluruh aturan dan ketentuan yang disepakati antara Pengguna dan BRILLO yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab serta tata cara penggunaan layanan pada Situs BRILLO termasuk Kebijakan Privasi yang dapat diakses melalui website www.brillo.co.id.
o 1.4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Situs BRILLO, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli atau pun pihak lain yang melakukan kunjungan di Situs BRILLO.
o 1.5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan kunjungan dan permintaan atas Produk yang dijual di Situs BRILLO.
o 1.6. Produk adalah seluruh benda berwujud milik PT. JIN RAY FORTUNE yang dapat dipesan oleh Pembeli dan memenuhi persyaratan pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Produk.
o 1.7. Live Chat dan Hubungi Kami merupakan layanan yang disediakan oleh BRILLO bagi Pembeli termasuk namun tidak terbatas untuk menyampaikan atau memperoleh informasi rinci mengenai jenis dan spesifikasi Produk, ketersediaan stok dan informasi lainnya terkait dengan penggunaan Situs BRILLO.
o 1.8. Ulasan adalah teks dan/atau komentar yang diunggah oleh Pengguna dan/atau Pembeli dalam halaman Ulasan pada Situs BRILLO.
o 1.9. Konten adalah seluruh teks, gambar, nama Produk, slogan, logo, merk dagang, animasi, video, lagu, musik dan/atau picto yang diunggah pada Situs BRILLO dan dapat diakses oleh Pengguna dan/atau Pembeli.
2. KETENTUAN UMUM
o 2.1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk tunduk pada ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan. Pengguna juga memahami bahwa Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah ubah sewaktu-waktu dan Syarat dan Ketentuan yang berlaku adalah yang tertera dalam Situs BRILLO. Dengan menggunakan Situs BRILLO, Pengguna setuju bahwa Pengguna telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan yang tercantum dan terbaru. BRILLO dapat melakukan perubahan Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
o 2.2. Seluruh aturan dan ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan Hukum dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia.
o 2.3. Situs BRILLO merupakan layanan berbasis online yang digunakan untuk tujuan penjualan barang secara daring (e-commerce) dan dioperasikan sepenuhnya oleh BRILLO dan/atau Grup PT. JIN RAY FORTUNE. Segala aktivitas yang dilakukan dalam situs ini tunduk pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
o 2.4. Segala transaksi yang dilakukan melalui Situs BRILLO adalah jenis transaksi antara perusahaan dengan konsumen akhir dan tidak ditujukkan dengan cara dan dalam bentuk apapun untuk tujuan transaksi antar perusahaan.
3.SITUS, AKUN, PASSWORD DAN KEAMANAN
o 3.1. Situs BRILLO tidak memungut biaya untuk mengunduh dan/atau biaya pendaftaran apapun kepada Pengguna dan Pembeli.
o 3.2. Pengguna dan Pembeli pada Situs BRILLO berhak untuk:
 3.2.1. mencari dan mempelajari Produk yang ditawarkan;
 3.2.2. melakukan permintaan atas Produk;
 3.2.3. melakukan transaksi pembelian dan pembayaran secara online;
 3.2.4. mempublikasikan ulasan-ulasan konsumen mengenai Produk yang dijual;
o 3.3. Pengguna yang akan mendaftarkan Akun wajib memberikan informasi lengkap, akurat dan terkini mengenai dirinya dan menjamin keabsahan seluruh informasi yang diberikan. Informasi yang diberikan dalam pendaftaran termasuk namun tidak terbatas pada:
 3.3.1. Nama dan nama keluarga;
 3.3.2. Alamat email;
 3.3.3. Alamat fisik;
 3.3.4. Informasi Rekening;
 3.3.5. Jenis kelamin;
 3.3.6. Nomor HP; dan
 3.3.7. Tanggal lahir.
o 3.4. Pengguna setuju bahwa BRILLO tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu dan/atau menutup Akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pemalsuan informasi pribadi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan.
o 3.5. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan Akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
o 3.6. BRILLO tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP (One Time Password) milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu BRILLO menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Grup PT. JIN RAY FORTUNE atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
o 3.7. Pengguna dengan ini menyatakan setuju bahwa BRILLO tidak bertanggung jawab atas kerugian baik materiil maupun immateriil ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses Akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
o 3.8. BRILLO pada Situs BRILLO berhak untuk menambahkan atau menghapus fitur-fitur yang ditawarkan oleh Website, baik secara sementara atau pun permanen, tanpa persetujuan Pengguna.
o 3.9. BRILLO akan mengelola dan melindungi setiap informasi dan data pribadi yang diunggah dalam Situs BRILLO. Silahkan lihat dokumen Kebijakan Privasi kami untuk informasi mengenai data pribadi Anda sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4. KEUNTUNGAN BRILLO INDONESIA LOYALTY MEMBERSHIP
o Setiap Pengguna yang memiliki Akun pada Situs BRILLO akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang dapat dimanfaatkan dalam pembelian Produk BRILLO. Keuntungan ini dituangkan dalam kebijakan Loyalty Membership di link :

5.TRANSAKSI DAN PROSEDUR PEMBELIAN
o 5.1. Transaksi Pembelian adalah semua transaksi yang dilakukan oleh Pembeli pada Situs BRILLO sesuai dengan prosedur pembelian, tanpa memperhatikan alat, tipe dan tempat koneksi yang digunakan oleh Pembeli.
o 5.2. Pembeli di bawah umur secara hukum (di bawah umur 18 tahun) dapat melakukan pendaftaran akun dan transaksi pembelian melalui orang tua ataupun wakilnya yang memenuhi ketentuan butir 3. BRILLO tidak bertanggung jawab atas setiap klaim yang diajukan atas pelanggaran penggunaan Situs BRILLO oleh anak di bawah umur ini.
o 5.3. Prosedur pembelian atau menempatkan pesanan pada Situs BRILLO adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:
 5.3.1. Silahkan menelusuri Situs BRILLO untuk mencari barang yang akan dibeli
 5.3.2. Tambahkan Barang pilihan anda ke keranjang belanja anda beserta dengan jumlah yang diinginkan
 5.3.3. Pilih cara pengiriman
 5.3.4. Pilih cara pembayaran
 5.3.5. Lakukan pembayaran Anda dalam jangka waktu 12 jam
 5.3.6. Anda akan menerima e-mail yang mengkonfirmasikan bahwa pesanan Anda telah dicatat dan konfirmasi pesanan Anda;
 5.3.7. Anda akan menerima e-mail yang mengkonfirmasikan bahwa pesanan Anda akan dikirim
o 5.4. Saat transaksi pembelian, Pembeli memahami dan menyetujui bahwa:
 – BRILLO hanya akan memproses Pemesanan Produk oleh Pembeli untuk pengiriman di wilayah Negara Republik Indonesia. Pemesanan yang dilakukan oleh Pembeli di luar wilayah Negara Indonesia akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem;
 – Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, ukuran, fungsi, dan lainnya) sebelum melakukan transaksi pembelian;
 – Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Situs BRILLO tergantung pada monitor komputer/tablet Pembeli. BRILLO telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna yang ditampilkan akan akurat seperti barang aslinya;
 – Pembayaran oleh Pembeli atas total nominal yang tertera pada halaman pembayaran wajib dilakukan selambat-lambatnya 12 jam setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, BRILLO memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud dan untuk permintaan yang sama Pembeli harus melakukan pemesanan ulang dari tahap awal. Pembeli tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut;
 – BRILLO menggunakan akun virtual untuk menerima pembayaran yang dilakukan oleh Pembeli baik yang dilakukan melalui bank transfer atau bank debit atau kartu kredit. Segala transaksi yang dilakukan oleh Pembeli selain melalui akun virtual BRILLO merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli.
o 5.5. Saat transaksi Pembelian, BRILLO berkewajiban untuk:
 – Memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas Produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi Produk yang diunggah oleh BRILLO dengan Produk yang diterima oleh Pembeli, maka Pembeli berhak melakukan penukaran uang atau Produk dengan disertai bukti-bukti yang lengkap dan jelas (slip pembayaran; invoice; kondisi Produk baru). Jenis-jenis Produk yang dapat ditukar dapat dilihat lebih lengkap dalam keterangan Produk;
 – Memberikan balasan untuk menerima atau menolak sebagian atau seluruh pesanan Produk atau pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Produk dari BRILLO.
 – Memasukan nomor resi pengiriman Produk dalam batas waktu 1 x 24 jam terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Produk dari BRILLO
 – Pembayaran kembali atas harga Produk (diluar biaya transfer / administrasi dan jasa pengiriman) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil melalui transfer bank ke rekening terdaftar Pembeli
 – Pajak Penghasilan BRILLO merupakan tanggung jawab dari PT. JIN RAY FORTUNE sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan pajak di Indonesia
 – BRILLO tidak mengalihkan hak milik intelektual secara hukum atas Produk-Produk dari BRILLO kepada Pembeli
 – Risiko atas Produk yang dibeli akan menjadi tanggung jawab Pembeli sepenuhnya saat Produk diterima oleh Pembeli selama tidak ada kerusakan atau kecacatan yang diakibatkan oleh BRILLO.
o 5.6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Produk yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
o 5.7. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening Resmi adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
o 5.8. Pengembalian uang atau penukaran Produk dari BRILLO kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
 – Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Produk;
 – Masalah pengiriman Produk telah teridentifikasi secara jelas dari BRILLO yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai;
 – BRILLO tidak bisa menyanggupi pesanan karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya dimana pembayaran atas Produk telah dilakukan oleh Pembeli
 – BRILLO sudah menyanggupi pengiriman order Produk, tetapi setelah batas waktu 2×24 jam BRILLO tidak mengirimkan nomor resi atas Produk yang dipesan
 – Keputusan sepihak dari BRILLO untuk pengembalian dana kepada Pembeli dengan berdasarkan bukti-bukti yang lengkap dan jelas.
o 5.9. Apabila terjadi proses pengembalian uang, maka pengembalian akan dilakukan melalui bank transfer ke rekening pribadi Pembeli yang diinformasikan terlebih dahulu kepada BRILLO.
o 5.10. Apabila terjadi penukaran Produk, maka pengembalian Produk yang akan ditukar harus dikirimkan kembali oleh Pembeli ke alamat PT. JIN RAY FORTUNE sesuai pada butir 13 dengan disertai bukti pembayaran, tag harga dan barang tanpa cacat serta kemasannya.
o 5.11. BRILLO berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara BRILLO dan Pembeli, dengan landasan bukti-bukti yang ada. Keputusan BRILLO adalah keputusan mutlak dan tidak dapat diganggu gugat dan mengikat BRILLO dan Pembeli.
o 5.12. Pembeli wajib melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada jumlah tagihan pada halaman pembayaran.
o 5.13. BRILLO memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi „terkirim” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 hari sejak resi diinput oleh BRILLO dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal Produk pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, BRILLO memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan Produk atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan Produk atau komplain apapun dari Pembeli, maka BRILLO memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada BRILLO yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan Produk dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
o 5.14. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama BRILLO.
6. HARGA DAN TARIF JASA PENGIRIMAN
o 6.1. Harga Produk yang terdapat dalam Situs BRILLO ditetapkan oleh BRILLO dan dicantumkan dalam mata uang Rupiah Indonesia. Seluruh transaksi yang dilakukan pada Situs BRILLO hanya dilakukan dalam mata uang Rupiah.
o 6.2. Harga yang tertera untuk setiap setiap Produk adalah Harga pokok Produk di luar biaya jasa pengiriman, biaya administrasi antar rekening dan biaya-biaya lain yang tercantum pada halaman pembayaran.
o 6.3. Pembeli memahami bahwa perubahan Harga atas Produk dapat berubah-ubah sewaktu-waktu oleh pihak BRILLO dan Harga yang tertera pada Situs BRILLO adalah Harga resmi yang berlaku untuk Produk.
o 6.4. Pembeli memahami dan mengerti bahwa tarif jasa pengiriman yang tercantum pada halaman pembayaran telah ditetapkan seakurat mungkin sesuai dengan lokasi pengiriman. Informasi lengkap mengenai tarif jasa pengiriman dapat dilihat pada halaman Pengiriman di Situs BRILLO. Perubahan atas tarif jasa pengiriman dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tarif yang berlaku akan ditayangkan pada halaman Pengiriman.
o 6.5. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa tarif jasa pengiriman dalam hal terjadi penukaran barang kepada BRILLO akan dibebankan sepenuhnya kepada Pembeli. Penjual tidak bertanggung jawab atas kegagalan yang terjadi dalam pengiriman kembali Produk kepada pihak BRILLO.
o 6.6. Setelah Barang dan pesanan Pembeli diserahkan kepada pihak kurir/jasa pengiriman, BRILLO tidak bertanggung jawab atas keterlambatan atau kegagalan pengiriman Barang.

7. ULASAN, KONTEN, LIVE CHAT DAN HUBUNGI KAMI
o 7.1. Untuk tujuan pengembangan Produk dan Jasa pada Situs BRILLO, Pembeli dapat memberikan komentar dengan mengunggah Ulasan. Dalam pelaksanaanya, Pembeli dilarang untuk:
 – Mengunggah Ulasan yang akan menimbulkan klaim-klaim pelanggaran privasi atau publisitas dan/atau pelanggaran atas hak-hak dan/atau kepentingan-kepentingan kepada pihak ketiga;
 – Mengunggah Ulasan yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs BRILLO atau ke aplikasi selain Aplikasi BRILLO, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial.
 – Mengunggah Ulasan yang mengungkap, secara langsung atau tidak langsung, pendapat politik, filosofis atau keagamaan, keanggotaan serikat pekerja/buruh, kondisi kesehatan atau orientasi seksual tiap Pembeli, termasuk ia sendiri;
 – Berperan sebagai suatu pihak ketiga dan/atau mempublikasikan tiap Ulasan pribadi kepada suatu pihak ketiga;
o 7.2. Untuk tujuan kemudahan transaksi Pembelian secara online, BRILLO menyediakan Konten secara lengkap dan interaktif pada Situs BRILLO. Dalam penggunaannya, Pembeli dilarang untuk:
 Mempergunakan foto/gambar Produk dan seluruh Konten tanpa terkecuali sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs BRILLO, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli/calon pembeli;
 Menyimpan, mendistribusikan atau mempublikasikan tiap unsur Konten yang dapat melanggar, secara langsung atau tidak langsung, kepentingan-kepentingan BRILLO dan/atau Grup PT. JIN RAY FORTUNE.
o 7.3. Untuk tujuan komunikasi, diskusi dan interaksi antara Pengguna dan/atau Pembeli dengan BRILLO, BRILLO menyediakan layanan Live Chat dan layanan Hubungi Kami yang dapat dilakukan sebelum atau setelah melakukan transaksi pembelian. Seluruh informasi baik dalam bentuk teks, gambar atau video yang diberikan oleh Pembeli merupakan bentuk komunikasi tertutup dan tidak akan dipublikasikan pada Situs BRILLO tanpa persetujuan dari Pengguna dan/atau Pembeli.
8. PELANGGARAN ATAS KONTEN
o 8.1. BRILLO dapat mengakhiri tiap pendaftaran Akun dan tiap Akun terdaftar pada Situs BRILLO dan, apabila diperlukan, melarang penggunaan dan/atau akses ke Situs BRILLO jika dibuktikan terjadi pelanggaran atas butir 7 Syarat dan Ketentuan di atas. Modifikasi atau hapusan ini dapat terjadi segera dan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan atau peringatan sebelumnya.
8.2. Seluruh Konten yang dipublikasikan pada Situs BRILLO adalah tunduk pada hak-hak kekayaan yang dilindungi berdasarkan undang-undang kekayaan intelektual, termasuk didalamnya hak cipta, hak desain, merek dagang, nama domain, hak paten, hak pengetahuan teknis, software atau database, dan sepenuhnya merupakan hak milik dari BRILLO dan/atau Grup BRILLO. Pengguna menyetujui bahwa BRILLO dan/atau Grup BRILLO dapat dan berhak untuk melakukan segala tindakan hukum yang diperlukan atas penyalahgunaan hak kekayaan intelektual atas Konten yang diunduh dari Situs BRILLO.
9.. BATASAN TANGGUNG JAWAB
9.1. Situs BRILLO merupakan portal situs dengan model binis kepada pengguna yang menyediakan layanan penjualan Produk dari produsen kepada konsumen akhir. Dengan demikian seluruh transaksi yang dilakukan melalui Situs BRILLO berakhir saat Pembeli menerima Produk yang dipesannya dan Pengguna dan/atau Pembeli memahami batasan tanggung jawab BRILLO sebagai penjual atas Produk dalam Situs BRILLO.
o 9.2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa pemanfaatan atas seluruh layanan Situs BRILLO adalah atas risiko Pengguna sendiri dan layanan yang diberikan oleh BRILLO adalah “sebagaimana tersedia” pada halaman Situs BRILLO.
o 9.3. BRILLO tidak berkewajiban untuk melakukan pemeriksaan atas kualitas, keselamatan, kebenaran dan/atau keakuratan dari Konten yang diunggah oleh Pengguna.
o 9.4. Dengan berdasar pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, BRILLO (termasuk Grup PT. JIN RAY FORTUNE, dewan direksi dan karyawan) tidak bertanggung jawab dan Pengguna setuju untuk tidak mengajukan tuntutan dan/atau ganti rugi atas segala kelalaian, kerusakan dan kerugian baik materiil maupun immateriil (termasuk namun tidak terbatas pada pemborosan, pencemaran nama baik, kehilangan uang, data atau kerugian lainnya) baik secara langsung maupun tidak langsung atas:
 9.4.1. Akses atas link-link pihak ketiga dan tautan-tautan lain termasuk namun tidak terbatas pada pengunduhan konten-konten dan informasi di dalamnya;
 9.4.2. Penangguhan akses ke Situs BRILLO untuk alasan-alasan pemeliharaan teknis, termasuk namun tidak terbatas pada interface upgrading dan bug fix
 9.4.3. Akses terhadap informasi yang tersedia pada Situs BRILLO yang tidak diunggah oleh BRILLO dan/atau Grup PT. JIN RAY FORTUNE.
 9.4.4. Tiap malfungsi jaringan yang disebabkan oleh kegagalan perangkat Pengguna yang dapat mencegah fungsi yang benar dari Situs BRILLO termasuk namun tidak terbatas pada kegagalan pemesanan, kegagalan prosedur pembelian dan kegagalan pendaftaran Akun
 9.4.5. Tiap malfungsi software yang disebabkan oleh tiap jenis virus komputer, bug komputer, anomaly atau kegagalan
 9.4.6. Tiap kerusakan hardware pada komputer dan perangkat Pengguna
 9.4.7. Manipulasi atau modifikasi Konten milik Pengguna oleh pihak ketiga (termasuk oleh Pengguna tersebut atau Pengguna lain)
o 9.5. BRILLO tidak bertanggung jawab kepada Pembeli atas tiap kerusakan, kerugian, kegagalan, keterlambatan dan penundaan atas transaksi pembelian dan yang sehubungan dengannya oleh karena kegagalan untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai penjual yang diakibatkan oleh Keadaan Kahar (Force Majeure) termasuk namun tidak terbatas pada:
 9.5.1. Bencana Alam,
 9.5.2. Perang dan huru hara,
 9.5.3. Kebakaran,
 9.5.4. Pemogokan,
 9.5.5. Perselisihan tenaga kerja,
 9.5.6. Pemberontakan dan tindakan militer lainnya,
9.5.7. Keputusan dan perubahan keputusan dari instansi terkait yang berdampak pada transaksi jual beli online
10. PILIHAN PENYELESAIAN SENGKETA
o 10.1. Setiap sengketa dan perselisihan di kemudian hari antara Pengguna dan/atau Pembeli dengan BRILLO yang timbul dari atau dalam kaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini diselesaikan melalui musyawarah untuk mufakat di antara para pihak yang bersengketa.
o 10.2. Dalam hal tidak tercapainya mufakat melalui musyawarah dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari setelah tanggal pemberitahuan adanya perselisihan dari salah satu pihak, para pihak yang bersengketa sepakat untuk menyelesaikan perkara tersebut melalui yurisdiksi non-eksklusif dari Pengadilan Negeri Tangerang.

11. LAYANAN PENGADUAN
11.1. Jika anda memiliki keluhan atau pertanyaan terkait produk kami, silahkan hubungi kontak kami di contact@brillo.co.id nomor kami di +6281977567899, Alamat Soho Podomoro City No. Unit 2309, Jalan Letjen S Parman Kavling 28, Jakarta Barat- Indonesia.
o
O 11.2. ANDA JUGA DAPAT MENGHUBUNGI LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN DIREKTORAT JENDERAL PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN TERTIB NIAGA (DITJEN PTKN), KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA, GEDUNG I LANTAI 3 JALAN M.I. RIDWAN RAIS NO. 5, JAKARTA PUSAT 10110, +62-21-3858171 ATAU +62-21-3451692.
12. INFORMASI UMUM
o Keterangan BRILLO adalah sebagai berikut:
 – Nama Perusahaan: PT JIN RAY FORTUNE
 – Jenis Usaha: Perdagangan Alat Perkakas
– Alamat Fisik: +6281977567899 Soho Podomoro City No. Unit 2309, Jalan Letjen S Parman Kavling 28, Jakarta Barat – Indonesia, Kode Pos 11470.
 – Hubungi Kami: contact@brillo.co.id
 

14. BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PENGEMBALIAN/PENUKARAN BARANG?
Pembelanjaan di Toko (Offline Puchases)
1. Kunjungi toko kami untuk melakukan pengembalian/penukaran produk dengan membawa produk yang ingin dikembalikan/ditukarkan dalam kondisi baru, beserta dengan seluruh tag/label. Bagi yang sudah menjadi member BRILLO, pengembalian dan penukaran produk dapat dilakukan tanpa menggunakan struk dan berlaku seumur hidup.
Catatan: pembelian produk yang ingin dikembalikan/ditukar menggunakan Loyalty Member (tercantum dalam transaksi).
2. Bagi non-member, diwajibkan membawa struk belanja Anda dan tunjukkan kepada staff kami di welcome desk/resepsionis toko. Pengembalian dan penukaran produk hanya berlaku 7 hari dan wajib disertai struk belanja produk tersebut.
Pembelanjaan di Website (Online Purchases)
Untuk marketplace akan mengikuti ketentuan pengembalian non-member karena pembelian tidak diidentifikasi.
Pengembalian/penukaran produk dapat dilakukan dengan berbagai cara di bawah ini:
1. Mohon isi form pengembalian/penukaran barang di link berikut (KLIK DISINI).
2. Mohon pastikan Anda memasukkan formulir yang dibutuhkan ke dalam paket yang akan dikirim kembali.
Melalui Kurir lain (JNE, J&T, SiCepat, Pos Indonesia, dll.)
1. Tulis Order ID, lalu kemas paket Anda.
2. Kirim paket Anda ke alamat toko sesuai dengan yang tertera pada struk pembelanjaan (Jika tidak mendapatkan struk, silakan ditujukan ke alamat : Soho Podomoro City No. Unit 2309, Jalan Letjen S Parman Kavling 2 8, Kode Pos 11470,Jakarta Barat Indonesia.

Kepada: BRILLO
Soho Podomoro City No. Unit 2309, Jalan Letjen S Parman Kavling 2 8, Kode Pos 11470,Jakarta Barat Indonesia, nomor Whatsapp +6281977567899, kami akan memproses permintaan Anda setelah kami menerima paket tersebut.
Catatan :
• Dengan memilih opsi diatas, biaya pengiriman untuk pengembalian/penukaran produk adalah tanggung jawab Anda.
• Jika terjadi kekeliruan dalam pengiriman produk pesanan Anda, maka kami akan mengembalikan biaya pengiriman.
• Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi kami di alamat email contact@brillo.co.id.
Kebijakan Pengembalian dan Penukaran Produk
Berikut adalah kebijakan dalam pengembalian dan penukaran produk :
• Bagi member, pastikan produk yang ingin dikembalikan atau ditukar merupakan pembelian dengan menggunakan nomor Loyalty Member (tercatat di dalam sistem kami).
• Jika ada kesalahan dari produksi kami, Anda dapat mengajukan penukaran atau pengembalian produk.
• Produk yang dikembalikan ataupun ditukar wajib dalam kondisi baru.
• Kerusakan produk dengan penggunaan yang tidak sesuai dengan fungsi atau spesifikasi dari produk tersebut tidak dapat ditukarkan atau dikembalikan.
• Untuk pembelian secara online (di website kami www.brillo.id, mohon menuliskan alasan pengembalian atan penukaran produk agar kami dapat meningkatkan pelayanan kami.
• Proses refund (pengembalian dana) adalah 3 – 14 hari kerja tidak termasuk akhir pekan dan libur nasional.
• Proses penukaran akan dilakukan pada hari kerja (Senin – Jum’at).
• Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim online kami di sesi chat sesuai dengan online platform tempat Anda melakukan transaksi.

15. PENCATATAN DATA DENGAN SARANA COOKIES
Pengertian Cookies
Platform BRILLO mengintegrasikan penggunaan-penggunaan cookies. Suatu “cookie” adalah file kecil yang diinstal pada komputer Pengguna yang menyimpan informasi tentang kebiasaan-kebiasaan browsing Pengguna pada Platform BRILLO (yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada, pengaturan-pengaturan bahasa, waktu koneksi, halaman-halaman yang dikunjungi dan seterusnya). Kami dapat melihat cookies ini kali berikutnya anda berkunjung, untuk mengenali pengulangan Para Pengguna, memfasilitasi akses pengguna terus-menerus ke, dan penggunaan, Platform BRILLO dan menelusuri perilaku pemakaian guna membuat browsing Anda lebih lancar. Akan tetapi penggunaan cookies tidak memungkinkan BRILLO untuk mengidentifikasi Anda.
Jika Anda tidak ingin informasi dikumpulkan melalui penggunaan cookies, silahkan merujuk ke klausul 3.9 di bawah ini untuk informasi tentang bagaimana menonaktifkan cookies. Akan tetapi harap dicatat bahwa penggunaan cookies dapat diperlukan untuk memungkinkan fitur-fitur tertentu dari Platform BRILLO berfungsi dengan benar. Dengan demikian, jika Pengguna menonaktifkan cookies pada browser Pengguna, Pengguna tidak dapat menggunakan fitur-fitur tersebut, dan akses Pengguna ke Platform BRILLO akan dibatasi dan tidak disesuaikan.
Dengan menggunakan Layanan-layanan BRILLO, Pengguna menyetujui penggunaan cookies, dan pengumpulan informasi pribadi oleh BRILLO dan para pihak ketiga melalui cookies ini, sebagaimana yang diatur dalam klausul 3 ini.
Demi transparansi, paragraf-paragraf berikut ini dimaksudkan untuk memberi Pengguna tinjauan lengkap mengenai cookies yang digunakan oleh BRILLO dan untuk menawarkan kepada Pengguna solusi untuk memungkinkan Pengguna menggunakan pilihan yang benar. Harap diperhatikan bahwa berbagi penggunaan komputer Anda dengan pihak lain dapat mengubah sifat yang disesuaikan dari cara cookies beroperasi.
Penggunaan Cookies di Platform BRILLO
Platform BRILLO mengintegrasikan penggunaan cookies berikut ini:
cookies untuk mencatat preferensi-preferensi bahasa pengguna atau preferensi-preferensi lain yang diperlukan untuk memberikan layanan yang diminta, dan
flash cookies yang berisi unsur-unsur yang sangat diperlukan bagi suatu media player Pengguna (audio atau video) agar berfungsi secara optimal, berhubungan dengan konten yang diminta oleh pengguna
Platform BRILLO dapat juga menggunakan cookies untuk tujuan-tujuan memberitahu BRILLO mengenai barang dan halaman-halaman yang Anda lihat dan atau cari. Cookies ini memungkinkan BRILLO untuk menawarkan kepada Pengguna konten yang disesuaikan dan khususnya untuk menampilkan iklan, pada saat Anda mengunjungi Platform BRILLO, yang berkaitan dengan kepentingan-kepentingan Pengguna. Cookies ini dapat diatur sesuai keinginan Pengguna, yang dijelaskan secara lebih lengkap di bawah ini.
Penggunaan Cookies oleh Pihak Ketiga

Platform BRILLO menggunakan Google AnalyticsTM, suatu layanan analisis website yang diberikan oleh Google Inc. Google Analytics menggunakan cookies. Data yang dihasilkan oleh cookies mengenai penggunaan Platform BRILLO oleh anda (termasuk alamat IP Anda) dikirim ke dan disimpan oleh Google pada server-server yang berlokasi di Amerika Serikat. Google akan menggunakan informasi ini guna mengevaluasi penggunaan Platform BRILLO oleh anda, untuk mengkompilasi laporan-laporan mengenai kegiatan Platform BRILLO yang dimaksudkan untuk penerbitnya, dan untuk memberikan layanan-layanan lain yang berkaitan dengan kegiatan Platform BRILLO dan penggunaan Internet oleh anda. Google dapat mengkomunikasikan Data ini kepada para pihak ketiga jika secara sah diwajibkan untuk melakukan yang demikian, atau apabila para pihak ketiga mengolah Data tersebut atas nama Google, termasuk penerbit Platform BRILLO ini. Google tidak akan mencocokkan alamat IP Pengguna dengan data lain yang dipegang oleh Google. Anda dapat mendeaktivasi penggunaan cookies dengan memilih pengaturan-pengaturan yang sesuai pada browser Anda (lihat di bawah ini). Akan tetapi, melakukan yang demikian dapat mencegah penggunaan tertentu atas fungsi-funsgi Platform BRILLO ini. Dengan menggunakan Platform BRILLO ini, Anda secara tegas menyetujui pengolahan data pribadi Anda oleh Google berdasarkan syarat-syarat dan untuk tujuan-tujuan yang dijelaskan di atas. Untuk melihat Aturan Kerahasiaan Google, Klik di sini.
Selain itu Platform BRILLO juga menggunakan plug-ins dari jejaring sosial Facebook, yang dioperasikan oleh Facebook Inc., 1601 S. California Ave, Palo Alto, CA 94304, USA. Pada saat Pengguna meminta akses ke suatu halaman pada Platform BRILLO yang berisi plug-in tersebut, browser Pengguna menetapkan koneksi langsung dengan server-server milik Facebook. Konten dari plug-ins dikirim secara langsung ke browser Anda oleh Facebook dan dimasukkan pada halaman dari Platform BRILLO. Facebook diberitahu bahwa browser Anda telah mengakses halaman terkait pada Platform BRILLO, sekalipun jika Anda tidak mempunyai akun pengguna Facebook atau jika anda saat ini tidak terhubung dari akun Facebook anda. Alamat IP dikirim secara langsung oleh browser Pengguna ke suatu server Facebook yang terletak di Amerika Serikat dan dicatat di sana. Jika Pengguna terhubung dengan Facebook sementara Pengguna browsing Platform BRILLO, Facebook dapat secara langsung menghubungkan Pengguna dengan Akun pengguna Facebook Pengguna. Jika Pengguna berinteraksi dengan menggunakan plug-in, sebagai contoh dengan mengklik tombol “Like” atau meninggalkan suatu komentar, maka informasi terkait akan dikirim ke dan dicatat pada suatu server Facebook. Informasi tersebut akan dipublikasikan pada akun Facebook Anda. Facebook dapat menggunakan informasi ini untuk tujuan-tujuan iklan dan studi-studi pasar, dan mengadaptasi halaman-halaman Facebooknya. Facebook dapat menciptakan profile-profile Para Pengguna, kepentingan-kepentingan dan hubungan-hubungan mereka, sebagai contoh, guna mengevaluasi penggunaan Platform BRILLO setelah melihat iklan Facebook, untuk memberitahu para pengguna Facebook lain tentang kegiatan-kegiatan Platform BRILLO dan untuk menawarkan layanan-layanan lain dalam kaitan dengan penggunaan Facebook. Untuk keterangan lebih lanjut tentang maksud dan ruang lingkup pengumpulan, pengolahan dan penggunaan data Facebook, dan hak-hak anda dalam kaitan dengan itu dan pengaturan-pengaturan yang mungkin untuk melindungi privasi anda, Kami menyarankan agar anda merujuk ke kebijakan Facebook mengenai perlindungan data, yang dapat diakses dengan menggunakan link ini: [https://www.facebook.com/policies].
Pilihan dan Pengaturan mengenai Cookies
Pengaturan dan konsekuensi browser pilihan Pengguna:
Ini adalah beberapa cara bagi Pengguna untuk mengelola dan/atau menon-aktifkan cookies. Pengguna dapat pada setiap saat mengubah pikiran Pengguna tentang penggunaan cookies, dengan masuk ke bagian Help pada toolbar browser Anda. Ia akan memberitahu Anda bagaimana menolak cookies, atau untuk menampilkan suatu pesan yang memberitahu Anda bahwa cookies telah diterima, atau bagaimana men-deaktifkan cookies. Cookies juga dapat dihapus secara manual.
Anda dapat juga memilih untuk menonaktifkan atau menghapus cookies serupa yang digunakan oleh software aksesoris browser Anda, seperti Flash cookies, dengan mengubah parameter-parameter software tersebut, atau dengan mengunjungi website penerbit software.
Jika Anda memilih untuk menon-aktifkan cookies dalam web browser anda, anda menerima dan memahami bahwa fitur-fitur tertentu dari Website tidak dapat tersedia dan dapat mempengaruhi pengalaman browsing Anda. Dengan demikian, BRILLO tidak menerima tanggung jawab atas konsekuensi-konsekuensi yang dapat terjadi sebagai akibat dari terbatasnya fungsionalitas Platform BRILLO yang berasal dari ketidakmampuan untuk menggunakan cookies yang diperlukan agar Platform BRILLO berfungsi dengan benar.
Pilihan Pengguna tergantung pada browser:
Tiap browser menyediakan fitur-fitur proses konfigurasi sehingga Pengguna dapat mengelola penggunaan cookies. Ini dijelaskan dalam menu Help browser Pengguna, yang akan memberitahu Pengguna mengenai bagaimana Pengguna mungkin ingin menjalankan opsi-opsi Pengguna mengenai penggunaan cookies.
16. GARANSI PRODUK
17. KOMUNIKASI
Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau Anda ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi Anda, silahkan hubungi alamat surel: contact@brillo.co.id atau nomor telepon: +6281977567899